Monday, December 5, 2016

Fakta Dan Opini



Fakta dan Opini

Pengertian Fakta dan Opini


Fakta dan Opini, materi yang kita bahas pada kesempatan kali ini adalah materi yang berkaitan dengan ujian nasional, pada setiap ujian nasional pasti Anda akan menemui materi ini di mata pelajara Bahasa Indonesia.

Maka dari itu Anda harus memahami apa itu fakta dan apa itu opini, agar Anda mudah dalam menjawab petanyaan dari soal yang Anda hadapi nantinya. Berikut kita akan membahas apa itu fakta dan apa itu opini secara rinci beserta contoh masing - masing.

Ciri -Ciri Fakta

  • Fakta
  • Fakta adalah suatu yang benar - benar terjadi dan dapat dibuktikan kebenarannya. Lalu bagaimana mengidentifikasi suatu hal apakah itu termasuk fakta ? ataukah opini ? berikut kami sajikan pedoman untuk mengetahui suatu fakta :


    a. Sesuai dengan kenyataan
    b. Telah terjadi
    c. Objektif atau tidak dibuat - buat
    d. Terdapat bukti konkrit berupa waktu atau tanggal kejadian fakta
    e. Dibuktikan dengan kata telah, sudah, kemarin, dll

Ciri - Ciri Opini

  • Opini
  • Opini adalah sesuatu yang belum dapat dibuktikan kebenarannya. Dapat berupa pendapat seseorang atau karangan. Untuk mengidentifikasi sebuah opini dapat kita gunakan acuan berikut :


    a. Belum tentu terjadi
    b. Tidak dapat dibuktikan kebenarannya
    c. Subjektif
    d. Tidak terdapat bukti konkrit
    e. Di tandai dengan kata menurut(seseorang), biasanya, katanya, seperti, seharusnya, mungkin, dll

Contoh Fakta Dan Opini

  • Contoh Fakta
  • Jakarta, 26 Desember 2016, telah terjadi teror penembakan di sebuah toko perhiasan permata, penembakan ini menewaskan 3 orang. Teror penembakan ini ditunjukkan sebagai awal dari peristiwa perampokan yang kemudian terjadi, perampok berjumlah 4 orang dengan penampilan tertutup, perampok berhasil membawa beberapa perhiasan langka, polisi masih menyelidiki dalang dibalik kasus ini.

  • Contoh Opini
  • Bekasi, 2 Oktober 2015, diperkirakan sebanyak 6000 orang pekerja memadati gedung pemerintahan kota bekasi, para pekerja menuntut kenaikan upah pokok kota bekasi yang tak kunjung naik berbarengan dengan harga bahan pokok yang melesat tinggi. Diperkirakan aksi ini akan terus berlanjut sampai para pekerja mendapatkan jawaban dari pemerintah setempat.

Demikian sedikit informasi yang dapat kami berikan, semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda, jika ada kurang dan lebihnya kami mohon maaf, sekian dan terima kasih.


0 komentar:

Post a Comment