Wednesday, December 21, 2016

Wisata Soko Gunung

Wisata Soko Gunung Wonogiri

Soko Gunung

Soko Gunung - Pada kesempatan kali ini admin akan membahas mengenai salah satu tempat wisata yang ada di kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Soko Gunung merupakan tempat wisata berupa gardu pandang yang terletak diatas perbukitan. Terletak di sebelah barat Wisata Gantole, wisata Soko Gunung memiliki ketinggian yang lebih dari pada Gantole. Apabila kita berada di wisata Gantole dan melihat sebelah barat, maka kita akan melihat puncak bukit yang sangat tinggi dengan bendera Indonesia, yang merupakan Wisata Soko Gunung.

Untuk menuju lokasi ini Anda harus melalui jalan yang menanjak dan berkelok - kelok, jadi sebelum menuju lokasi ini Anda sebaiknya mempersiapkan fisik dan mental Anda dalam keadaan sehat agar tidak terjadi hal yang tidak dinginkan.

Lokasi Wisata Soko Gunung

Wisata Soko Gunung, terletak di Desa Wisata Soko Gunung, Kelurahan Sendang, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri yang terletak di selatan Kota Wonogiri dengan ketinggian 780MDPL, lokasi tempat wisata ini terletak di dekat wisata Gantole Wonogiri, jika Anda menuju arah Gantole maka sebelum berbelok ke kanan Anda akan menemui jalan lain menuju ke arah kiri, jalan tersebut yang mengarahkan Anda menuju Wisata Soko Gunung.

Maps Wisata Soko Gunung

Kenapa disebut wisata soko gunung? disebut wisata soko gunung karena "soko berarti tiang dan gunung berarti gunung atau pegunungan", ya, karena tempat ini menjulang tinggi seolah menjadi penyangga pegunungan.

Oleh karena tempatnya yang tinggi, bahkan lebih tinggi dari papan landas Gantole, Wonogiri, lokasi ini juga berfungsi sebagai menara pandang.

Wajah Soko Gunung

Di tempat ini Anda akan disuguhi dengan pemandangan peggunungan Wonogiri yang sangat indah, disini Anda juga bisa berfoto - foto dari atas ketinggian dengan background birunya langit dan seolah berada diatas awan.

Dari atas tempat ini Anda juga dapat melihat Waduk Gajah Mungkur secara keseluruhan yang membentang luas, jika kita menuju Waduk Gajah Mungkur kita akan kesulitan melihat luasnya tempat ini, tapi jika dilihat dari Wisata Soko Gunung, maka seluruh Waduk Gajah Mungkur akan kelihatan.

Jalan Menuju Wisata Soko Gunung

Untuk menuju wisata Soko Gunung dapat ditempuh sejauh 13,4 km dari pusat kota Wonogiri, dari pusat kota Wonogiri Anda dapat mengambil arah menuju Wisata Waduk Gajah Mungkur, jalanan dari arah kota Wonogiri cukup bagus namun dari gapura masuk Wisata Soko Gunung jalanan cukup ekstrim dengan jalanan khas pegunungan yang mendaki dan berkelok - kelok.

Serba - Serbi Soko Gunung

Untuk memasuki tempat ini Anda harus berjalan kaki sejauh 600M, karena jalanan untuk menuju lokasi ini tidak dapat dilalui kendaraan bermotor, selain jalanan yang menanjak jalan menuju tempat ini juga masih belum dekelola dengan baik, Anda harus menaiki anak tangga yang berkelok - kelok untuk sampai diatas, keadaan tangga yang masih alami berupa tanah akan menjadi licin pada saat kondisi hujan jadi dianjurkan untuk berkunjung pada saat cuaca cerah. Selain jalanan yang licin, bila cuaca hujan angin akan bertiup kencang dan membuat Anda kekurangan oksigen.

Dengan adanya wisata Soko Gunung ini, diharapkan pemerintah ikut mengelola agar wisata ini menjadi lebih baik, lebih tertata dan lebih aman dengan memperbaiki fasilitas penunjang seperti memperbaiki jalan menuju puncak Menara Pandang. Serta menyediakan tempat ibadah dan toilet umum agar pengunjung merasa nyaman.

Demikian sedikit dari kami, apabila ada kurang dan lebihnya kami mohon maaf, sekian dan terima kasih.

ariffenriant.blogspot.com

2 comments: