Sunday, January 15, 2017

Jaringan Komputer


Jaringan Komputer

Pengertian Jaringan Komputer

Jaringan komputer adalah sekelompok otonom yang saling berhubungan antara satu dengan yang lainnya, Jaringan komputer menggunakan suatu protokol komunikasi media komunikasi sehingga dapat saling berbagi dan bertukar informasi.

Tujuan Pembangunan Jaringan Komputer

Tujuan pembangunan jaringan komputer adalah mengantar informasi secara tepat dan akurat dari sisi pengirim ke sisi penerima.

Manfaat Jaringan Komputer

  • Berbagi sumber daya
  • Media komunikasi
  • Intregasi data
  • Pengembangan dan pemeliharaan
  • Keamanan data
  • Sumber daya efisien
  • Informasi terupdate.

Pengertian jaringan adalah kumpulan dua atau lebih sistem komputer yang terhubung.

Jenis Jaringan Komputer

LAN (Local Area Network)

LAN adalah jaringan komputer yang terhubung berada pada tempat yang berdekatan secara geografis, misalkan suatu jaringan dalam satu gedung.

MAN (Metropolitan Area Network)

MAN adalah jaringan komputer yang terhubung berada pada tempat yang berdekatan dalam satu kota, misalkan suatu jaringan yang menghubungkan antar gedung.

WAN (Wide Area Network)

WAN adalah Jaringan komputer yang terhubung berada pada jarak yang berjauhan dihubungkan dengan line telepon atau media gelombang radio, misalkan suatu jaringan yang menghubungkan satu kota dengan kota yang lain.

Selain berdasarkan jarak, jaringan juga digolongkan berdasarkan :

Topologi

Topologi adalah bentuk pengaturan keterhubungan antar sistem komputer yang mengacu pada bentuk fisik suatu jaringan, misal bus, star dan ring.

Protokol

Protokol mendiskripsikan sekelompok aturan dan sinyal yang digunakan oleh komputer pada jaringan untuk berkomunikasi. Protokol LAN yang paling banyak digunakan adalah IBM Token-Ring Network. Arsitektur jaringan ddapat diklasifikasian ke dalam arsitektur peer to peer atau client server.

Demikian yang dapat kami sampaikan, atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

0 komentar:

Post a Comment