Saturday, January 14, 2017

Langkah Instalasi Printer


Peripheral PC Dan Setting Peripheral

Pengertian Peripheral

Peripheral komputer merupakan peralatan tambahan komputer yang dibutuhkan untuk keperluan lain. Misalnya koneksi jaringan, mencetak dokumen, atau mengambil gambar, Peripheral tersebut meliputi printer, scanner, modem, network card,dll.

Instalasi Peripheral

Instalasi peripheral meliputi instalasi secara fisik atau hardware dan secara software, instalasi fisik meliputi pengenalan peripheral terhadap sistem operasi yaitu dengan menginstall driver yan dibutuhkan.

Printer

Printer merupakan komponen output yang digolongkan sebagai "Hard Copy Drive", yaitu merupakan alat yang digunakan untuk mencetak keluaran dari proses yang dilakukan oleh komputer baik tulisan maupun grafik secara langsung dengan menggunakan media kertas atau yang lainnya.

Ada 3 jenis printter yang beredar di pasaran, DOT Matrik, INK Jet dan Laser Jet. Printer DOT Matrik merupakan printer yang menggunakan pita sebagai alat untuk pencetakannya, INK Jet menggunakan tinta sedangkan Laser Jet menggunakan serbuk laser, sedangkan jenis kostruksi printer ada 2 macam yaitu melalui konektor pararel dan usb port.

Langkah Instalasi Printer

  • Koneksikan kabel printer pada printer dan konektor pararel port male atau konektore USB Port pada komputer dengan benar
  • Pastikan cartridge printer sudah terpasang dengan benar
  • Hubungkan kabel power printer ke stop kontak
  • Dan pastikan printer beroperasi dengan ditandai catridge bergerak
  • Sampai langkah ini instalasi peripheral secara fisik sudah selesai
  • Selanjutnya tinggal instalasi software untuk menghubungkan hardware ke antarmuka

Instalasi Driver

Pada instalasi driver, biasanya pada sistem operasi windows xp akan secara otomatis menjalankan file instalasi driver tsb.

  • Masukkan CD Driver bawaan printer, dalam praktek ini menggunakan printer BJC-2100, berbeda perangkat mungkin akan berbeda langkah instalasi
  • Setelah itu windows akan secara otomatis menjalankan file eksekusi dan akan muncul kotak dialog
  • Tekan tombol next untuk konfirmasi bahwa Anda akan menginstall driver tersebut dan setelah itu akan muncul kotak dialog
  • Klik tombol start untuk memulai proses instalasi dengan memilih option printer driver
  • Setelah proses pengcopyan selesai akan muncul kotak dialog
  • Untuk selanjutnya tekan tombol manual selection untuk memilih port yang digunakan dan setelah itu akan muncul kotak dialog
  • Setelah pilihan port selesai dan printer siap digunakan.

Scanner

Scanner adalah suatu alat elektronika yang fungsinya mirip dengan mesin fotocopy, mesin fotocopy hasilnya dapat langsung dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya ditampilkan pada layar monitor komputer terlebih dahulu baru dapat dicetak.

Bentuk dan ukuran scanner bermacam - macam, ada yang besarnya seukuran folio dan ada juga yang baru diluncurkan oleh perusahaan WIZCOM Technologies Inc. yang berupa scanner berukuran serupa pena yang dapat menyimpan hingga 1000 halaman teks cetak dan kemudian mentransfernya ke sebuah PC.

Scanner berukuran pena tersebut dinamakan "QuickLink", pena scanner ini berukuran panjang 6 inci dan beratnya 3 ons, mempunyai kelebihan melakukan pekerjaan secara acak lebih cepat dari scanner yang berbentuk datar. Data yang telah diambil dengan scanner itu bisa di masukkan secara langsung ke semua aplikasi komputer yang mengenali teks ASCH.

Pada saat ini scanner yang beredar di dunia dengan berbagai merek pula, di antaranya scanner keluaran dari Cannon, Hewlett Packard CHP, EPSON, UMAX,dll, perbedaan tiap scanner dari berbagai merek dilihat dari pemakaian teknologi dan resolusinya.

0 komentar:

Post a Comment