Saturday, January 14, 2017

Istilah Dalam Dunia Internet


Istilah Dalam Dunia Internet

Berbagai Istilah Dalam Dunia Internet

Dalam dunia internet banyak macam bahasa yang harus di pahami agar kita tidak salah dalam mengartikan suatu arti dalam suatu perkataan maupun tulisan. Kali ini kami akan membagikan beberapa kata yang terdapat dalam internet beserta arti dan pembahasannya.

Ethernet

Ethernet adalah protokol LAN yang dikembangkan oleh Xerox Coorporation yang bekerjasama dengan DEC dan Intel pada tahun 1976, Ethernet menggunakan topologi bus atau star dan mendukung transfer data sampai 10mbps.

Versi ethernet yang lebih baru disebut 100Base-T atau Fast Ethernet, mendukung transfer data sampai dengan 100mbps dan versi terbarunya, Giba Byte Ethernet mendukung transfer data sampai dengan 1 Gigabyte/detik atau 1000mbps.

Fast ethernet seperti internet biasa, namun dengan kecepatan transfer data yang lebih cepat sampai dengan 100mbps, ethernet ini juga disebut 100Base-T.

Gateway

Gateway adalah istilah yang mengacu pada hardware yang menghubungkan dua aplikasi atau jaringan yang tidak kompitable, sehingga data dapat di transfer antar komputer yang berbeda - beda, salah satu contoh penggunaan gateway adalah pada email, sehingga pertukaran email dapat dilakukan pada sistem yang berbeda.

GPS (Global Positioning System)

GPS adalah sistem navgasi menggunakan 24 satelit MEO (Medium Earth Orbit atau Midle Earth Orbit) yang mengelilingi bumi dan penerima - penerima di bumi. Satelit mengorbit pada sekitar ketinggian 12000 mill di atas bumi.

Satelit mengorbit pada ketinggian 1200mil diatas bumi dan mampu mengelilingi bumi dua kali dalam 24 jam. Satelit GPS secara berkala mengrimkan sinyal radio digital yang mengandung data lokasi satelit dan waktu penerima yang berhubungan.

Satelit GPS dilengkapi dengan jam atom dengan kecepatan satu per satu juta per detik. Berdasarkan informasi ini, stasiun penerima mengetahui berapa lama waktu yang digunakan untuk mengirimkan sinyal sampai ke penerima di bumi. Semakin lama waktu yang digunakan untuk mengirimkan sinyal sampai ke penerima di bumi, semakin lama juga waktu yang digunakan untuk mengirim sinyal sampai ke penerima di bumi.

Semakin lama waktu yang digunakan untuk sampai ke penerima, semakin jauh posisi satelit dari stasiun penerima, dengan mengetahui posisi satelit, penerima mengetahui bahwa satelit terletak pada posisi tertentu pada permukaan bola atau imaginer yang berpusat pada satelit.

Host

Host adalah sistem komputer yang diakses oleh pengguna yang bekerja pada lokasi yang jauh. Biasanya, istilah ini digunakan jika ada dua sistem komputer yang terhubung dengan modem dan saluran telepon.

Sistem mengandung data yang disebut host, sedangkan sistem yang digunakan untuk mengakses dari jarak jauh disebut remote terminal. Istilah host memiliki alamat IP yang unik, selain itu istilah host juga merujuk pada penyediaan infrastruktur layanan komputer, sabagai contoh, banyak perusahaan yang menjadi host web server, yang berarti bahwa perusahaan tersebut menyediakan hardware, software dan saluran komunikasi yang dibutuhkan oleh server, tetapi isi server (mail, berita, web) router, modem yang dihubungkan dengan koneksi "backbone" internet yang permanen dan berkecepatan tinggi.

Pelanggan ISP dapat mendapat koneksi internet dengan modem dan telepon. Untuk mengakses internet pelanggan ISP harus melakukan dial ke jaringan dengan menekan nomor telepon tertentu ke ISP.

ISDN

ISDN (Intergrated Service Digital Network) adalah standar komputer internasional untuk pengiriman surat, video dan data melalui line telepon digital atau telepon kawat biasa. ISDN mempunyai kecepatan data 64Kbps, sebagian besar ISDN ditawarkan oleh perusahaan telepon yang memungkinkan 2 saluran yang disebut kanal B atau B channel, satu line dapat digunakan satu suara dan yang lain untuk data yang lain dan keduannya mempunyai kecepatan transfer 128Kbps.

Versi awal ISDN menggunakan transmisi baseband, versi lain ISDN yaitu B-ISDN menggunakan transmisi broadband dan dapat mendukung transmisi data dengan kecepatan 1,5Mbps.

Protokol

Protokol adalah bahasa atau proedur hubungan yang digunakan oleh satu sistem komputer dengan sistem lainnya sehinga antara keduanya dapat saling berhubungan.

Untuk dapat berkomunikasi, kedua sistem harus menggunakan protokol yang sama. PPC (Point To Point Protokol) dengan router atau dapat pula digunakan ntuk hubungan server antara 2 sistem.

Server

Server adalah suatu unit yang berfungsi untuk menyimpan informasi dan untuk mengelola suatu jaringan komputer, komputer server akan melayani seluruh client atau workstation yang terhubung ke jaringannya.

TCP/IP

TCP/IP (Transmision Control Protokol) adalah dua buah protokol yang di kembangkan oleh militer AS yang memungkinkan komputer pada jaringan dapat saling terhubung.

IP digunakan untuk memindahkan paket data antar simpul, TCP digunakan untuk memverifikasi pengiriman dari client ke server, TCP/IP adalah dasar internet dan dapat ditemukan pada semua sistem operasi modern seperti Unix dan Windows.

Topologi

Dalam suatu jaringan komputer topologi adalah bentuk pengaturan keterhubungan antar sistem komputer, dalam arti secara umum topologi adalah fisik dari suatu jaringan, terdapat bermacam - macam topologi seperti bus, ring, star, dll.

Demikian yang dapat kami bagikan, atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

0 komentar:

Post a Comment