Friday, January 16, 2015

Gelang Statik


Pada kesempatan kali ini admin menemukan suatu soal yang di muat dalam ujian nasional (UN), soal tersebut memuat mengenai gelang statik/anti statik. disini akan kita bahas mengenai manfaat dan fungsi dari gelang statik tersebut.
Gelang statik/gelang anti statik adalah alat yang digunakan untuk mencegah pengosongan elektrostatik (elektrostatic discharge)/ESP dengan cara membumikan seorang yang menggunakan alat tersebut saat mengerjakan suatu hal yang berkaitan dengan listrik. Bagian gelang merupakan tenunan elastis berserat konduktif,biasanya serat tersebut terbuat dari karbon/karet. Gelang di kancingkan dengan sebuah lempengan/penjepit baja anti karat,gelang statik biasanya digunakan dengan tatakan anti statik di atas meja kerja/lapisan plastik penghilang statis di permukaan meja kerja.
Gelang statik digunakan juga dalam bidang komputer,gelang statik dalam dunia komputer biasanya digunakan saat perakitan sebuah komputer,disini gelang statik bermanfaat untuk menetralkan efek listrik statik dari tubuh pekerja.
Sekian sedikit pembahasan mengenai manfaat gelang statik dalam dunia komputer serta sedikit penjelasan mengenai gelang statik.

0 komentar:

Post a Comment