Monday, December 5, 2016

DNS (Domain Name System)


Domain Name System (DNS)

Pengertian DNS

Domain Name System - DNS adalah layanan sistem penamaan pada suatu jaringan komputer. Domain Name System sangat penting peranannya dalam dunia jaringan internet, Domain Name system berfungsi untuk menerjemahkan suatu alamat IP menjadi sebuah alamat domain yang mudah di pahami.

Bayangkan jika tidak ada Domain Name System, jika kita ingin mengakses suatu alamat website "www.NN.com" kita harus mengetikkan alamat IP situs website tersebut, tidak semua orang mengerti dan menghafal IP address dari bermacam - macam alamat website, maka dari itu diciptakanlah Domain Name System agar mudah dalam mengingat atau menerjemahkan suatu alamat website.

Dalam kerjanya DNS menyimpan banyak alamat website dalam sebuah server yaitu DNS server, ketika client memeinta data DNS server akan merespon dengan jawaban query terhadap databasenya. DNS server ialah diibaratkan sebagai buku telepon yang menyimpan banyak nomor beserta nama pemiliknya, ketika kita mengetikkan suatu nama dan memanggilnya maka otomatis kita akan memanggil nomor pemilik situs website tersebut, nomor diibaratkan IP Address dan Alamat website adalah nama pengguna tersebut.

Nama Domain

Ada banyak nama domain yang terdaftar di DNS server, nama domain dapat merujuk ke alamat suatu negara, komunitas, komersial, pendidikan, dll. Berikut contoh nama domain dan kegunaannya :

    a. .com - komersial,situs komersial
    b. .net - network,penyedia layanan internet
    c. .id - Indonesia,situs web Indonesia
    b. .gov - Goverment,situs pemerintah
    c. .org - Organisasi,situs web sebuah organisasi
    d. .edu - Education,situs web pendidikan
    e. .mil - Militer,situs web militer

Dan masih banyak lagi daftar nama domain, termasuk nama domain negara yang setiap negara berbeda - beda.

Komponen Domain

Dalam proses pengelolaan DNS, ada tiga komponen penting, yaitu :

  • DNS resolver
  • Sebuah program klien yang berjalan di komputer pengguna, yang membuat permintaan DNS dari program aplikasi.

  • Recursive DNS server
  • Program yang melakukan pencarian melalui DNS sebagai tanggapan dari DNS resolver dan mengembalikan jawaban dari resolver tersebut.

  • Authoritative DNS server
  • Adalah program yang memberikan jawaban terhadap permintaan Recursive DNS server, dalam bentuk jawaban maupun dalam bentuk delegasi.

Bagian Domain

Dalam sebuah alamat domain terdapat 3 bagian utama yang tergabung dalam alamat domain, antara lain :

  • Nama Domain
  • Bagian ini adalah bagian yang menyatakan nama host, nama host adalah tujuan sebenarnya dari nama system yang dicari alamat IP-nya, contoh www.putihabuabu.com memiliki nama host www.

  • Subdomain
  • Sub-Domain berarti bagian dari domain utama, mengacu pada alamat fisik di sebuah situs, misalnya www.putihabuabu.com memiliki subdomain "putihabuabu", dalam penulisannya antara host dan subdomain dipisahkan dengan titik(.).

  • Domain
  • Nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi alamat IP atau keterangan sebuah situs, misal domain .com menyatakan bahwa situs tersebut adala situs komersial, .id menyatakan bahwa website tersebut adalah website yang berlokasi di Indonesia.

Berbicara mengenai DNS, pasti kita teringat dengan TLD atau (Top Level Domain) lalu apa itu TLD? TLD adalah domain yang populer atau paling banyak dipakai diseluruh dunia, misal .com .org .net, dll, selain dari Top Level Domain terdapat pula Second Level Domain dan Lower Level Domain.

Sekian dari saya, jika ada kurang dan lebihnya kami mohon maaf, sekian dan terima kasih.

ariffebriant.blogspot.com

0 komentar:

Post a Comment