Monday, December 5, 2016

Pengertian DHCP

Pengertian DHCP

Pengertian DHCP

Pengertian DHCP - Dynamic Host Configuration Protokol, adalah server dari model jaringan client - server yang berfungsi memberikan alamat IP kepada client. Client adalah pengguna atau pengakses data dalam sebuah jaringan komputer. DHCP (Dynamic Host Configuration Protokol memberikan konfigurasi IP address secara otomatis terhadap client yang terhubung dalam satu jaringan tersebut.

Misal satu jaringan terdiri dari 10 client dengan satu server, maka jumlah IP 10 dengan satu IP host dan 9 IP client, jika akan menambahkan client baru, maka komputer server akan secara otomatis mengkonfigurasikan IP address untuk client tersebut, sehingga komputer tersebut dapat saling terhubung.

Konfigurasi IP Address

Pada DHCP (Dynamic Host Configuration Protokol) terdapat dua konfigurasi IP address yang sekarang ini digunakan.

  • IPV4
  • Protokol IP IPV4 adalah protokol IP yang pertama digunakan pada konfigurasi DHCP, dengan panjang 32bit memungkinkan pengguna yang terhubung sebanyak 232 atau sekitar 4.294.967.296. meskipun IPV4 dapat menampung banyak user, namun pada saat ini dirasa kurang dengan pertumbuhan internet yang makin pesat sehingga semakin banyak user yang terhubung pada suatu jaringan.
  • IPV6
  • Protokol IPV6 dibuat untuk menutupi kekurangan atau penyempurna dari IPV4 yang sudah tidak mampu lagi menampung banyaknya user yang terhubung ke internet, IPV6 dibuat dengan panjang 128bit atau berada pada kisaran 3.402.823.669.209,dst atau tirliunan user yang dapat terhubung. Dengan adanya IPV6 makan semakin banyak penguna yang dapat terhubung pada internet.

Fungsi DHCP

DHCP (Dynamic Host Configuration Protokol) berfungsi memberikan konfigurasi IP address secara otomatis terhadap client yang terhubung dalam satu jaringan. Suatu komputer yang terhubung dengan suatu jaringan akan secara otomatis mendapatkan konfigurasi IP Address yang diberikan oleh DHCP server.

DHCP server adalah server yang berfungsi untuk memberikan layanan berupa IP Address kepada komputer client, sedanngkan Client adalah komputer penngguna atau komputer yang menggunakan layanan yang diberikan oleh DHCP server.

Keunggulan DHCP

Dengan adanya DHCP, ada beberapa keuntungan yang dapat kita dapatkan, diantaranya :

  • Tidak perlu mengkonfigurasikan IP secara manual karena IP didapat secara otomatis melalui DHCP server
  • Meminimalisir terjadinya IP conflict
  • Memudahkan pengguna untuk memperluas jaringan karena penambahan mudah tanpa perlu mengkonfigurasi IP

Dalam konfigurasi IP Address oleh DHCP server terdapat beberapa proses yaitu IP Least Request, IP Least Offer, IP Least Selection, IP Least Acknowledge.

Demikian sedikit informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat untuk Anda, bila ada kurang dan lebihnya kami mohon maaf, sekian dan terima kasih.

0 komentar:

Post a Comment