Sunday, July 28, 2013

JARINGAN KOMPUTER

Jaringan Komputer

Pengertian Jaringan Komputer

  Jaringan Komputer adalah sebuah sistem yang terdiri atas beberapa komputer yang bertujuan setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan, berikut contoh dari jaringan komputer :

► Berdasarkan Geografisnya
   a. WAN (Wide Area Network)
     WAN merupakan jaringan komputer yang mencakup area yang luas sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik.
   b. MAN (Metropolitan Area Network)
      MAN merupakan jaringan komputer yang mencakup area metopolitan sebagai contoh yaitu jaringan antar gedung atau kota.
   c. LAN (Local Area Network)
      LAN merupakan jaringan komputer yang mencakup area lokal, LAN seringkali digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan stasiun kerja (work station).

► Berdasarkan Topologi Jaringan



 a. Topologi Bus merupakan topologi yang banyak digunakan pada masa penggunaan kabel sepaksi Dengan menggunakan T-Connector (dengan terminator 50ohm pada ujung network), maka komputer atau perangkat jaringan lainnya bisa dengan mudah dihubungkan satu sama lain.



b. Topologi Star
Topologi bintang (Star) merupakan bentuk topologi jaringan yang berupa konvergensi dari node tengah ke setiap node atau pengguna.


c. Topologi Cincin
Topologi  cincin adalah topologi jaringan berbentuk rangkaian titik yang masing-masing terhubung ke dua titik lainnya, sedemikian sehingga membentuk jalur melingkar membentuk cincin.

Demikian sedikit informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat untuk Anda, sekian dan terima kasih.

0 komentar:

Post a Comment